Diduga Banyak Bangunan Ruko Ilegal di kawasan Taman Palem Lestari, aktifis Pengamat kinerja pemerintah: segera Pemkot Tinjau Lokasi

Foto istimewa 

Onesecondnews.COM, Jakarta - Belasan rumah toko (ruko) yang terletak di kawasan Taman Palem Lestari dan Taman Surya 3 Cengkareng, Jakarta Barat diduga menyerobot lahan tanah yang digunakan sebagai jarak bebas bangunan oleh pemerintah.

Berdasarkan investigasi wartawan, sejumlah bangunan rumah makan berdiri atau dibangun dengan cara menambah atau melebarkan bangunan asli/induk ke lahan tanah yang diperuntukan untuk jarak bebas bangunan.

Foto: Lokasi Bangunan 

Menanggapi hal itu, Aktivis Pengamat Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Muhammad Syukur mencurigai adanya oknum dari instasi pemerintah kota (Pemkot) Jakarta Barat yang ‘bermain’ dengan pemilik bangunan yang menyerobot jarak bebas bangunan tersebut.

“Itu yang berwenang melakukan penertiban adalah Satpol PP Jakarta Barat. Saya menduga Pol PP sudah mengetahui hal ini, hanya saja mungkin sudah berkoordinasi dengan pemilik bangunan,” ujar M. Syukur kepada ifakta.co Senin (12/6).

Foto: lokasi diduga Langgar GSB

Syukur mengatakan, masyarakat siapapun itu tidak boleh mendirikan bangunan di atas lahan yang diperuntukan oleh pemerintah untuk jarak bebas bangunan maupun fasum dan fasos.

“Jadi sudah jelas semua sudah diatur dan masyarakat tidak boleh mengalih fungsikan lahan-lahan yang memang tidak boleh dibangun apapun di atas lahan itu,” ujarnya.


Berdasarkan pantauan di lokasi, lahan jarak bebas bangunan, fasum dan fasos yang ada di kawasan ruko Taman Palem Lestari dan Taman Surya 3 dijadikan rumah makan dan minimarket.

Syukur menegaskan, agar Pemkot Jakarta Barat untuk menertibkan bangunan liar yang menyerobot lahan jarak bebas bangunan, agar difungsikan kembali sebagaimana planing tata kota yang sudah diatur.

“Saya berharap Pol PP segera menertibkan bangunan liar yang ada di ruko Taman Surya 3 dan Taman Palem Lestari Cengkareng,” pungkasnya.

Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan Kasatpol PP Jakarta Barat belum membalas surat konfirmasi yang dikirim oleh salah Satu Media online Jakarta Barat 


Berikut bangunan liar yang diduga berdiri di lahan jarak bebas:

Ruko Taman Palem Lestari Blok D7/20 dan Blok D7/21

Ruko Taman Palem Lestari Blok C5/19

Ruko Taman Palem Lestari Blok C5/33-Blok C5/35.

Lim Ko Tong Rulo Palem Lestari Blom A1 No.26.

Ruko Palem Lestari Blok B18/1-Blok B18/2.

Bubur Family Ruko Taman Palem Lestari Blok B17/57.

Berikut bangunan yang sebagian berdiri di atas lahan fasos/fasum :

Alfamart Ruko Taman Surya 3 Blok K1/18.

Kid Baby Zone Ruko Taman Surya 2 Blok J1/1.

Libe Seafood halaman Ruko Taman Palem Lestari Blon A38.


Penulis

Shem Mitrapol 

Lebih baru Lebih lama