Peneliti Belanda Prediksi Gempa Turki-Suriah 3 Hari Sebelum Terjadi


Onesecondnews.COM,Jakarta - Seorang peneliti Belanda secara akurat memprediksi gempa Turki-Suriah hari Senin, tiga hari sebelum itu terjadi.

Seperti dilansir Al Arabiya Senin 6 Februari 2023, dalam sebuah tweet yang dikirim pada Jumat, peneliti di Solar System Geometry Survey (SSGEOS) yang berbasis di Belanda, Frank Hoogerbeets men-tweet: “Cepat atau lambat akan ada ~M 7,5 #gempa bumi di wilayah ini (Turki Selatan-Tengah, Yordania, Suriah, Libanon)."Tweet Hoogerbeets muncul tepat tiga hari sebelum bencana alam melanda Turki dan Suriah, di mana dia juga merujuk ke negara lain yang merasakan goncangan gempa.

 Ia memperkirakan gempa akan terjadi dengan magnitudo 7,5 di wilayah tersebut.Pada hari ini, lebih dari 1.600 orang tewas akibat gempa Turki dan Suriah. 

Dua gempa bumi dahsyat dan puluhan gempa susulan meruntuhkan ribuan bangunan dan menimbulkan bencana kemanusiaan baru di wilayah yang telah dilanda perang, krisis pengungsi, dan kesulitan ekonomi yang parah Gempa berkekuatan 7,8 M pertama terjadi pada pukul 4:17 pagi waktu setempat, menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Gempa ini juga dirasakan di Siprus, Mesir, Israel, dan Lebanon. Gempa kedua berkekuatan 7,5 M melanda Turki tenggara sekitar sembilan jam kemudian pada Senin sore, U.S.G.S. dikatakan.Gempa awal, berpusat di dekat Gaziantep di Turki tengah, adalah yang paling mematikan yang melanda negara itu dalam lebih dari 20 tahun.

 Gempa ini juga sekuat gempa 1939, yang paling kuat yang pernah tercatat di Turki. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan sedikitnya 912 orang tewas saat tim SAR menyebar ke seluruh negeri. Sekitar 700 orang juga dilaporkan tewas di barat laut Suriah 

AL ARABIYA

Sumber Link 
 https://dunia.tempo.co/read/1688401/peneliti-belanda-prediksi-gempa-turki-suriah-3-hari-sebelum-terjadi

Lebih baru Lebih lama