Jokowi: Saya Minta Semua Pihak Mendukung Media Arus Utama

Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023, di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Kamis (9/2/2023). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

 

Onesecondnews.COM, Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh hari ini, Presiden Jokowi menyampaikan media sedang tidak baik-baik saja di tengah banjir informasi dari media sosial, platform asing, maupun media lain.

Jokowi mengajak semua pihak untuk mendukung media mainstream atau arus utama dalam menyajikan informasi yang terverifikasi dan bertanggung jawab.

"Saya meminta semua pihak baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama," ucap Jokowi dalam Hari Pers Nasional di Gedung Serbaguna Pemprov Sumatra Utara, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (9/2).Jokowi menyebut media arus utama sangat dibutuhkan sebagai rumah penjernih informasi (clearing house of information) dalam menyajikan informasi terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberikan harapan kepada masyarakat.Peran utama media kini semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta terutama di tengah keganasan post truth, pascafakta dan pascakebenaran," terang Jokowi. 

Media arus utama juga diharapkan menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran (searching the truth) dan membangun optimisme.Jokowi mengatakan untuk menjadi media yang eksis memang harus melakukan inovasi-inovasi, harus adaptif terhadap teknologi dan melakukan langkah-langkah strategis. 

"Namun media massa tak boleh dibiarkan jalan sendiri, pemerintah dan semua pemangku kepentingan harus memberikan dukungan," tegas Jokowi.

Hadir dalam acara itu Menkominfo Johnny G Plate, Menkopolhukam Mahfud MD, Panglima TNI Laksamana Yugo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, dan lainnya. (Kumparan)

Sumber Link:

https://m.kumparan.com/kumparannews/jokowi-saya-minta-semua-pihak-mendukung-media-arus-utama-1znVW1FMadg

Lebih baru Lebih lama