Jokowi Minta TNI-Polri Jaga Hilirisasi: Ada Ekspor Ilegal, Penerimaan Kurang

Presiden Jokowi menghadiri Rapim TNI-Polri di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (8/2/2023). Foto: Nadia Riso/kumparan

 Onesecondnews.COM, Presiden Jokowi kembali menyinggung mengenai pentingnya hilirisasi. Ia meminta TNI-Polri menjaga stabilitas agar ekspor ilegal tidak terjadi.

"Tadi saya sampaikan yang namanya ekspor ilegal masih berjalan, yang namanya tambang ilegal masih berjalan. Ya, proses hilirisasi dan industrialisasi menjadi terganggu," kata Jokowi di The Sultan Hotel, Jakarta, usia Rapimnas TNI-Polri, Rabu (8/2).

Jokowi meminta TNI-Polri untuk segera mengamankan apabila ada pihak-pihak yang masih melakukan ekspor ilegal timah, bauksit, hingga batubara.Sehingga penerimaan negara menjadi sangat berkurang karena itu. Itulah tugas TNI-Polri. Kalau di laut, ya, Polisi Air, Bakamla, TNI AL misalnya. Saya kira pada mengerti lah," ujarnya.

Jokowi dalam beberapa kesempatan sering menyinggung soal hilirisasi. Di Mandiri Investment Forum 2023, misalnya, Jokowi mengatakan larangan ekspor bauksit, tembaga, dan timah harus segera dilakukan.

"Kita terlalu nyaman dengan ekspor mentahan karena memang paling cepat dapat duitnya dan tidak pusing pikirannya. Sudah gali, kirim, gali. Nikel juga sama, gali, kirim, enggak mau mikir kita. Industrikan itu pusing kita," kata Jokowi, Rabu (1/2).

Sumber Link:

https://m.kumparan.com/kumparannews/jokowi-minta-tni-polri-jaga-hilirisasi-ada-ekspor-ilegal-penerimaan-kurang-1znIoN2rwNa

Lebih baru Lebih lama