Banjir di Makassar: Lansia, Anak, dan Ibu Hamil Dievakuasi

Tim mengevakuasi lansia. Dok: Ist.

 

Onesecondnews.COM,Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dilanda banjir pada Senin (13/2). Ketinggian air mencapai 1 meter, merendam hampir seluruh wilayah Makassar.

Tingginya air membuat warga dievakuasi ke tempat aman. Kepala Operasi Basarnas Sulsel, Muh. Rizal, mengatakan puluhan warga dievakuasi dari 16 lokasi di Makassar.Yang sudah dievakuasi ada 8 lokasi, dan 8 sisanya itu, belum," kata Rizal kepada wartawan, Senin (13/2).Warga yang dievakuasi itu rumahnya sudah terdampak banjir dengan ketinggian air sekitar 1 meter. Mereka juga merupakan orang lanjut usia, anak balita, dan hamil.

"Yang dievakuasi rata-rata anak dan lansia," tegasnya.

Belum diketahui jumlah rumah yang terdampak banjir, maupun data korban jiwa. BPBD Makassar masih terus melakukan penelusuran. Kondisi banjir di Kota Makassar juga belum surut.Jalan A. Pangeran Pettarani, Jalan Nusantara, dan Jalan Penghibur, itu tingginya air hampir satu meter, kendaraan khusunya motor tidak bisa lewat," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Astu, Senin (13/2).Macet di mana-mana karena banjir seperti Jalan Urip Sumoharjo-Bawakaraeng," ujar Astu.Untuk mengantisipasi kemacetan dan juga hal-hal tak diinginkan, Astu mengimbau masyarakat tidak beraktivitas di luar rumah.

Perkantoran Kota Makassar terdampak banjir. Dok: Ist.

"Jika tidak mendesak, tunda beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan kendaraan," ujar Astu.

Anak-anak Sekolah Dipulangkan Semua jajaran turun untuk memastikan masyarakat selamat terutama yang berkaitan dengan listrik. Anak-anak kita dipulangkan dari sekolah, pastikan ada di rumah," kata Danny.

Rumah & Kantor Terendam, Pemotor Terpaksa Masuk Tol

Ketinggian air pada beberapa titik mencapai sepinggang orang dewasa, misalnya di Jalan Nusantara, Jalan Penghibur, Jalan Arief Rate, Jalan Ap Pettarani, hingga Jalan Balai Kota.Para pemotor pun banyak yang terpaksa masuk tol. Awalnya ini dihalau petugas tapi akhirnya dipersilakan.

"Ini situasi emergency sehingga kami berikan izin," kata Direktur PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE), Ismail Malliungan, Senin (13/2).

Rumah dan Kantor Terdampak Banjir menggenangi permukiman penduduk (padat maupun tidak) dan melanda sejumlah kantor, termasuk kantor polisi.

Sumber Link:

https://m.kumparan.com/kumparannews/banjir-di-makassar-lansia-anak-dan-ibu-hamil-dievakuasi-1zpLR7yA8rS

Lebih baru Lebih lama