Permasalahan Lahan, Babinsa Jahab Minta Penyelesaian Musyawarah dan Kekeluargaan


 

Onesecodnews.COM, Kutai Kartanegara - Peran serta Bintara pembina desa (Babinsa) di wilayah binaan dalam membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang ada terbilang sangat membantu dan efektif sehingga tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan.


Seperti yang dilakukan salah satu anggota Koramil 0906-01/Tenggarong Kodim 0906/Kutai Kartanegara Serma Eko Tamono membantu menyelesaikan permasalahan lahan warga di kelurahan Jahab yang juga merupakan warga binaannya. Senin (26/9/2022).


Menurut Serma ada lahan warga kelurahan Jahab milik Asmawi yang rusak akibat adanya aktifitas pertambangan batu bara dan permasalahan ini dapat memicu konflik antara pemilik lahan dan penambang.


"Ada lahan warga yang rusak akibat adanya aktifitas pertambangan", jelasnya.


Mengantisifasi adanya konflik, Babinsa Serma Eko menggandeng instansi terkait dan para tokoh masyarakat, penambang serta pemilik lahan untuk melakukan mediasi dan penyelesaian lahan ini diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan.


Lebih jauh Serma Eko menjelaskan hari ini akan dilakukan peninjauan ulang lahan yang dipermasalahkan namun karena cuaca hujan peninjauan untuk sementara ditunda karena lokasi yang akan ditinjau tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat maupun roda dua karena jalan yang akan dilintasi kondisinya becek dan licin


Sumber : Kodim 0906/Kkr

Lebih baru Lebih lama