Patroli Gabungan Dapati Lima Orang Warga Membakar Lahan


 

Onesecondnews.COM, Kutai Kartanegara - Patroli gabungan Dalkarhutla KPHP Sub DAS Belayan yang terdiri dari ketua Tim KPHP Belayan Dayat Andika, Koramil Kota Bangun Kopda Eko, Polsek Iptu Joko, kecamatan Syahrani dan masyarakat peduli api (MPA) dapati 5 (lima) orang warga membuka lahan dengan cara dibakar.


Temuan warga membakar lahan ini didapat saat Tim gabungan berpatroli menyisir di desa Suka Maju kecamatan Kota Bangun sekitar pukul 09.00 wita pada hari Kamis (22/09/2022).


Dari hasil temuan Tim patroli gabungan mengamankan lima orang pelaku dan selanjutnya diberikan peringatan dan dihimbau untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama yaitu membuka lahan dengan cara dibakar.


Saat dikonfirmasi, Kopda Eko yang tergabung dalam patroli gabungan membenarkan temuan tersebut, "Hari ini kami mendapati warga membuka lahan dengan cara dibakar, pelaku pembakaran langsung kami amankan dan diberikan peringatan, teguran dan himbauan agar tidak membakar lahan", jelasnya.


Saat ini kami dari tim patroli gabungan hanya memberikan peringatan dan teguran namun kedepannya kami akan berikan sanksi tegas apabila masih ada membuka lahan dengan cara dibakar karena dampaknya akan sangat membahayakan, tambah ketua Tim KPHP Belayan.


Kurangnya kepatuhan dan kepedulian warga terhadap dampak Karhutla menjadi momok tersendiri, meski sudah dilakukan sosialisasi dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa namun pada kenyataannya masih didapati beberapa warga membuka lahan dengan cara dibakar.


Sumber : Kodim 0906/Kkr

Lebih baru Lebih lama