Peduli Hewan Ternak, Babinsa Tanjung Tengah Kawal Pelaksanaan Tim Vaksin PMK



Onesecondnews.COM, Penajam -Dalam rangka mencegah merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di sebagian wilayah Indonesia khususnya di Kabupaten PPU tepatnya Kecamatan Penajam Kelurahan Tanjung Tengah dengan melaksanakan pengawalan dan pemantauan pada peternakan sapi di wilayah binaan.


Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Serda Heri bersama Bhabinkamtibmas dan Tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten PPU melaksanakan komsos dan sambang sekaligus vaksin pada ternak sapi milik warga setempat, Senin (15/08/2022).


Menurut Serda Heri, " Vaksinasi hewan kali ini sebanyak 100 ekor sapi, sedangkan petugas vaksin dari DKPP Kabupaten PPU didampingi Babinsa, Bhabinkamtibmas serta PPL. 


"Pada kegiatan kali ini terdapat sapi yang tervaksin berjumlah 100 ekor sapi yang tersebar di 9 RT Kelurahan Tanjung Tengah dan untuk sisa sapi yang belum tervaksin akan di jadwalkan lebih lanjut,"jelas Heri .


Serda Heri menjelaskan,“Kami selaku Babinsa juga mengimbau apabila ditemukan kasus PMK agar segera cepat melapor supaya cepat pula ditangani,” pungkasnya.


Sementara di tempat terpisah Danramil Penajam Kapten Inf Aluy mengatakan, di wilayah Kecamatan Penajam sebagaian banyak masyarakat yang memelihara sapi sebagai pendapatan keluarga. 


"Karena adanya wabah PMK tersebut kami bersama tim akan terus melakukan pengawalan serta pemantauan dan pendataan,” ujarnya.


Dikatakan, "Selain pentingnya koordinasi dengan pemilik ternak sapi maupun dinas terkait terutama dari DKPP, dalam hal ini petugas penyuluh peternakan termasuk melibatkan Babinsa dalam memantau di desa binaan masing-masing". 


Sumber : Kodim 0913/PPU

Lebih baru Lebih lama