Lomba Cerdas Cermat Agama Islam dan Bela Negara dalam rangka Memperingati HUT RI Ke- 77 Perkokoh Pondasi Generasi Muda


Onesecondnews.COM, Samarinda - Kegiatan cerdas cermat memang sudah jarang sekali dilakukan maka nya acara ini menjadi sebuah refresing kembali untuk meningkatkan pengetahuan anak – anak tingkat Pertama /SLTP sederajat.


Oleh karena itu, kegiatan dengan tema Bela Negara dan pengetahuan agama Islam ini mungkin menjadi tema tertentu karena banyak persoalan di lapangan yang mereka tidak pelajari di kelas.


Cerdas cermat ini merupakan upaya untuk mendidik dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan merupakan salah satu upaya mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sehingga tercipta generasi yang berkarakter.


Kegiatan ini juga merupakan pondasi yang wajib dimiliki anak sejak dini dan saat ini levelnya masih Sekolah Mengah Pertama (SMP)



Para guru pendidik memberikan apresiasi kepada Korem 091/ASN yang menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Agama Islam dan Bela Negara Tingkat Korem 091/ASN TA. 2022 ini dalam rangka memperingati HUT RI Ke- 77 dengan Cerdas Cermat tingkat Sekolah Dasar Tingkat Pertama/SLTP dan sederajat.


Meski pembangunan pendidikan tak langsung menjadi tupoksi utama TNI, namun Korem 091/ASN tetap menaruh perhatian terhadap sektor ini. Salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk dukungan membentuk generasi yang cerdas yakni dengan menggelar Lomba Cerdas Cermat Agama Islam dan Bela Negara Tingkat Korem 091/ASN TA. 2022, diikuti para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi Kalimantan Timur, di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN. Selasa (5/8/2022).


Adapun materi Agama Islam yang akan diperlombakan yaitu Aqidah, Fiqih, Akhlak, Al-Qur’an, Tarik, Tajwid dan Hafalan Surah Pendek dan untuk lomba Bela Negara yaitu Pancasila, Undang – Undang Negara RI, Lembaga – Lembaga Negara, Sejarah Nasional dan Manca Negara serta Cinta Tanah Air. Dengan jumlah peserta 8 tim dari masing – masing Kodim, baik dalam materi Agama Islam maupun Bela Negara. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari.


Danrem 091/ASN Brigjend TNI Dendi Suryadi, S.H.,M.H berharap dengan penyelenggaraan lomba ini, disamping dapat menumbuh kembangkan minat, bakat dan kreativitas di bidang Bela Negara dan Pendidikan Agama Islam serta menanamkan nilai akhlakul karimah, juga sebagai sarana interaksi antara siswa-siswi SLTP di wilayah Korem 091/ASN, karena melalui kegiatan semacam ini dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan.


“Adapun tujuan diselenggarakan lomba Cerdas Cermat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran Fahmil Qur’an, serta kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai - nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI”, jelasnya.


“Kemudian jadikan lomba ini sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan Pendidikan Agama Islam kepada generasi penerus bangsa. Junjung tinggi sporvifitas dalam perlombaan ini, dan manfaatkan sebagai wahana untuk mengasah pikiran dalam meningkatkan pengetahuan tentang Pendidikan Agama Islam dan Bela Negara dikalangan para siswa - siswi SLTP”, tutupnya.


Sumber : Penrem 091/ASN
 

Lebih baru Lebih lama