Kamabi Saka Wira Kartika : Gerakan Pramuka Menjadi Pelopor Dalam Membudayakan Diri, Bekerja Keras, Cerdas dan Ikhlas


Onesecondnews.COM, Penajam- Komandan Kodim (Dandim) 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan yang didalam kepramukaan menjabat sebagai Kamabi Saka Wira Kartika pangkalan Kodim 0913/PPU, memimpin langsung acara Penerimaan Tamu Saka Wira Kartika Baru Kwartir Cabang Penajam Paser Utara Tahun 2021 yang bertempat di halaman Mokodim 0913/PPU Jl Prov KM 09 Nipah-nipah Kab PPU.Kaltim. Sabtu (27/11/2021).


Dalam sambutannya Kamabi Saka menyampaikan,”Saya ucapkan selamat datang kepada Tamu Saka Wira Kartika yang baru di pangkalan Kodim 0913/PPU selamat berlatih dan ikuti yang menjadi arahan dari kakak - kakak Pembina.


“Salut, banga dan hormat saya kepada adik - adik yang mau meluangkan waktu untuk bergabung di Saka Wira Kartika Jaga kesehatan,j aga keamanan, disini kita melatih diri kita untuk disiplin dan mandiri jangan lupakan iman dan taqwa saatnya ibadah laksanakan ibadah, serta pesan saya apapun kegiatannya kalian tetap patuhi prokes,”pungkasnya.


Tingkatkan intensitas dan kualitas Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa bagi generasi muda. Pembentukan karakter Bangsa amat penting dan menentukan nasib Bangsa di masa depan. 


Lanjut Dandim, hanya Bangsa yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keraslah yang akan mendorong kemajuan dan keberhasilannya.


Gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas. Bangun nilai dan sikap serta perilaku sejak dini melalui berbagai ragam kegiatan Gerakan Pramuka,”tutup Kamabi Saka.


Antusias siswa dan siswi Kab PPU dalam bergabung di Pramuka Saka Wira Kartika sangat tinggi,dikarenakan pramuka di bawah binaan Kodim 0913/PPU tersebut sebelum masa pandemic banyak kiprah didalam setiap even kegiatan/perlombaan sering kali memboyong piala dan bahkan sering menjadi juara umum.


Dan semenjak pandemic kegiatan kepramukaan Saka Wira Kartika pangkalan kodim 0913/PPU tidak bisa menerima anggota baru, jadi baru sekarang kegiatan penerimaan tamu saka wira Kartika bisa terlaksana akan tetapi tetap mematuhi disiplin protocol kesehatan.


Kegiatan penerimaan tamu Saka Wira Kartika angkatan ke-11 dan 12 pangkalan Kodim 0913/PPU Kwartir Penajam Paser Utara Tahun 2021, diikuti oleh 9 sekolah diantaranya, SMAN 1 PPU, SMAN 4 PPU, SMAN 5 PPU,SMAN 6 PPU, SMAN 8 PPU, MAN PPU,SMKN 2 PPU, SMK Muhamadiayah 1 PPU dan SMK Pelita Gamma PPU.


Kodim 0913/PPU

Lebih baru Lebih lama