Konsep Beranda Betawi Jakut Menerima Apresiasi Kadis Pusip Provinsi DKI Jakarta


Konsep Beranda Betawi Jakut Menerima Apresiasi Kadis Pusip Provinsi DKI Jakarta

ONESECONDNews.COM,  - Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta Wahyu Hariyadi mengunjungi Beranda Betawi di Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Utara, Rabu (12/8). Dalam kegiatan ini Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Utara diberikan apresiasi atas pengembangan konsep Beranda Betawi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Wahyu Hariyadi mengatakan jika kegiatan hari ini saya mengunjungi Sudin Pusip Jakarta Utara terkait dengan Beranda Betawi.
"Dengan diangkatnya kearifan kearifan lokal, dalam hal ini tentang budaya Betawi, seni Betawi, makanan Betawi dan lain-lainnya," katanya.

Dengan adanya Beranda Betawi ini, Wahyu berharap warga masyarakat Jakarta khususnya Jakarta Utara lebih mengenal tentang kebetawian.
"Baik makanannya, seni budaya dan lain-lainnya. Seperti kita tahu bahwa di Jakarta Utara ini banyak tempat-tempat yang besar sejarah tentang Betawi antara lain Rumah Si Pitung, Gereja Tugu, Museum Bahari, ada juga makam Mbah Priok. Hal-hal semacam itu mungkin nanti ada keliterasiannya, Jadi bisa warga masyarakat juga mengetahui tentang hal-hal yang ada di Jakarta Utara ini," ucapnya.

Diterangkan Wahyu apresiasi diberikan kepada Sudin Pusip Jakarta Utara melihat pengembangan konsep Beranda Betawi yang dilakukan.
"Dengan penambahan permainan anak dari konsep gigi balang, kembang kelapa, ondel-ondel, baju khas Betawi atau lainnya," tuturnya.

Kepala Sudin Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Utara Wahyu Prabowo mengatakan Beranda Betawi ini mengikuti konsep yang ada di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Memang di lima wilayah kota Beranda Betawi untuk di masing-masing sudut belum semua ada, baru ada di Jakarta Selatan saja. Ide utamanya agar semua wilayah kota, di Provinsi DKI Jakarta ini mempunyai Beranda Betawi di masing-masing wilayahnya," katanya.

Untuk konsep dari Beranda Betawi, Wahyu Prabowo menambahkan memang masing-masing wilayah mempunyai konsep masing-masing.

"Dari konsep gigi balang, kembang kelapa, ondel-ondel, baju khas Betawi dan makanan, Jakarta Utara menambahkan permainan anak untuk menambah koleksi yang ada di Beranda Betawi, seperti kelereng, gangsing, bola bekel, dan congklak. Semoga tambahan tersebut bisa melengkapi koleksi Beranda Betawi Provinsi DKI Jakarta," tuturnya.(kominfo)



Lebih baru Lebih lama